Sejak Berdiri, Alumni Pelatihan di de’Papuyu Farm Banjarbaru Sudah Mencapai 2.300 Orang

www.depapuyu-farm.com – Perjalanan de’Papuyu Farm Banjarbaru sebagai leading sektor dalam pencetus dan pengembangan budidaya ikan sistem modern yaitu sistem bioflok di banua kini semakin maju.

Hilmi Arifin selaku Owner de’Papuyu Farm Banjarbaru mengungkapkan de’Papuyu Farm berdiri pada tahun 2016. Hingga kini sudah 34 kali angkatan menyelenggarakan pelatihan budidaya ikan sistem bioflok dan private.

“Bisa lebih dari itu, kadang ada yang tidak tercatat, biasanya kurang dari 20 orang kami anggap private, sedangkan alumni pelatihan sampai saat ini kurang lebih sudah mencapai 2.300 orang (pelatihan + private),” jelasnya.

Masih dikatakan Hilmi, mereka para alumni setelah mengikuti pelatihan ada yang benar-benar menerapkan dan menggunakan sistem bioflok ini, namun ada juga yang sekedar hobi saja.

“Kami mengamati, setelah pelatihan tingkat keberhasilan bisa mencapai 70-80% mereka dalam melaksanakan sistem bioflok,” ungkapnya.

Menurut Hilmi, peserta pelatihan selama ini datang dan hadir dari berbagai profesi, ada dari pemerintah daerah, baik provinsi dan kab/kota seluruh Kalimantan.

Kemudian ada juga dari instansi vertikal baik ASN, Polri, TNI, Kejaksaan dll, Perusahaan Swasta Nasional seperru Adaro, Pama, SIS, Buma, Hasnur, KPP, Arutmin, BJG dll.

“Lalu ada dari BUMN : PLN, Bank BNI, BRI, Mandiri dll, BUMD : PDAM Banjarmasih, Universitas : ULM, Unkris Palangkaraya, UMB, Politeknik Bjm dll, BumDes, masyarakat umum, petani ikan, pengusaha, mahasiswa dll, serta Bank Indonesia, kerjasama pengembangan Agro Edupark Bumi Tangi Banjarbaru,” sebutnya.

“Setiap usai pelatihan, kami selalu membentuk komunitas bioflok Kalimantan, dengan tujuan untuk wadah sharing ilmu bioflok dan bimbingan pengetahuan bioflok antar anggota komunitas,” pungkasnya.(*)

Salam Sukses Bioflok dari kami de’PAPUYU Farm.
www.depapuyu-farm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *