Pelatihan Bioflok

Pelatihan Bioflok

Pelatihan Bioflok dengan memaanfaatkan teknologi tepat guna, minimnya lahan untuk budidaya ikan akan bisa teratasi. Hilmi Arifin adalah satu di antara pembudidaya papuyu yang terus berinovasi mencari teknik budidaya paling menguntungkan.

Sejak Tahun 2015 ia memutar otak untuk memanfaatkan lahan yang sempit tetapi hasil produksi tetap tinggi dan tentu menguntungkan pembudidaya. Kemudian pada Januari 2016 Hilmi Arifin  sukses merintis inovasi teknologi budidaya papuyu dengan sistem bioflok.

Teknologi ini pun ternyata mampu menjawab permasalahan tersebut. & minimnya lahan, mahalnya biaya pembuatan kolam, dan sulitnya pemeliharaan, sudah tidak masalah lagi dengan teknologi super intensif ini, ungkap Pemilik de’ Papuyu Farm.

Banyak Diminati

Sejak dikenalkan ke beberapa orang, teknologi yang dikembangkan Sarjana Institute Pertanian Bogor tersebut mampu menarik para pembudidaya papuyu. Ketertarikan mereka lantaran hasil produksi dua kali lipat, modalnya tidak besar, dan menurunkan nilai konversi pakan FCR (Feed Conversion Ratio) di bawah 1

Antusiasme masyarakat begitu tinggi pada teknologi ini. Beberapa pembudidaya papuyu dari berbagai daerah pun datang untuk belajar seperti dari dalam daerah Kalimantan Selatan mencakup Kabupaten/Kota dan dari luar Provinsi seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur dan berbagai daerah lain. Ia mengakui, masih banyak pelaku seusai belajar tidak bisa langsung menerapkan teknologi anyar itu di daerahnya masing-masing, tapi lebih pada coba-coba pada satu kolam. Jika dianggap berhasil biasanya mereka mulai meningkatkan kapasitas jumlah kolam seiring kemahiran mereka,( ungkapnya). Berita baiknya, inovasi itu sangat cocok diadopsi pelaku usaha yang memiliki modal pas-pasan, sebab hanya dengan 2,5 juta pelaku pemula dan rumah tangga yang ingin mendapatkan pendapatan sampingan dari usaha ini bisa melakukannya. Modal itu untuk pembelian kolam terpal, benih, dan biaya produksi selama tiga bulan,( katasuami Rahmayani ini. Teknologi bioflok membutuhkan kolam terpal berbentuk bulat berdiameter 2,+ m

pelatihan_bioflok