Uncategorized

Guru Besar Fakultas Perikanan ULM Prof Idiannor Kunjungi Kolam Budidaya Sistem Bioflok

www.depapuyu-farm.com – Guru Besar Fakultas Perikanan ULM Bapak Prof. Dr. Ir. H. Idiannor Mahyudin,. M. Si dan Ibu Prof. Dr. Ir. Hj. Emmy Sri M,. MP berkunjung ke Kolam Budidaya Pembesaran dan Pembenihan Ikan Sistem Bioflok dengan Formula NFW, kemarin, Senin (18/3/2019).

Dalam kesempatan tersebut diterima dan didampingi langsung oleh Owner de’Papuyu Farm Pelatihan dan Pengadaan Sarana Budidaya Ikan Sistem Bioflok, Bapak Hilmi Arifin.

Dalam kunjungan tersebut panjang lebar Bapak Hilmi Arifin menjelaskan serta menerangkan terkait budidaya ikan dengan sistem bioflok, diskusi pun terjalin dengan akrab seputar bioflok.

Dikutip dilaman facebook Idiannor Mahyudin : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1957828557661792&id=100003040011460 beliau menuliskan tentang bisnis perikanam budidaya sistem bioflok (1)

Berikut tulisannya.

ADA APA, ya…

“Bisnis Perikanan Budidaya Sistem Bioflok” (1)

————–

Ada beberapa tolak ukur yang perlu menjadi perhatian untuk meningkatkan mutu bahan ajar dalam proses pendidikan khususnya pendidikan tinggi yaitu:

1. Apakah sudah cukup mempunyai relevansi yang kuat antara bahan ajar dengan tuntutan masyarakat di dunia kerja.

2. Apakah alumni mampu menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri maupun orang lain atau,

3. Apakah alumni mampu bersaing masuk dalam dunia kerja yang makin kompetitif.

Sebagai pendidik saya pikir sangat perlu melakukan Program KUTILANG (Kunjungan Tinjau Lapang) yang kontinyu agar materi pembelajaran di kampus sesuai dengan kenyataan di masyarakat/lapangan.

Ketika saya mengunjungi banyak lokasi kegiatan ekonomi di masyarakat ternyata masih banyak terdapat perbedaan antara harapan dan kenyataan.

Walaupun kesesuaian antara teori dan dunia kerja tidak hanya tanggung jawab lembaga pendidikan tapi koordinasi dan integrasi optimal antar departemen terkait. Namun harapan masyarakat tentu perlu solusi konkrit. Dunia pendidikan menjadi penanggung jawab terdepan.

Suatu saat saya mengunjungi bisnis budidaya perikanan di kolam. Sebelumnya bisnis perikanan budidaya di KJA. Berikutnya akan berusaha terus utk KUTILANG dalam bisnis atau materi lainnya. Mungkin Sahabat FB sudah pernah mendengar bisnis pembesaran ikan sistem bioflok. Jika belum saya bantu sedikit. Lokasinya masih di Kota Banjarbaru. Sistem pembesaran ikan dengan formulasi tertentu terhadap lingkungan perairan dimana ikan dibudidayakan. Kolam yang dipakai berbentuk lingkaran sebutlah kolam lingkaran atau kolam silinder. Saya pikir lebih tepat dibandingkan istilah kolam bulat atau bundar karena bundar/bulat persepsinya seperti bentuk bola dan ukuran luas tidak tepat utk bentuk bulat kecuai volume/isi. Tapi silinder atau lingkaran dapat diukur luasnya. Teknis sistem bioflok berdampak (1) Ikan dapat memanfaatkan pakan yang diberikan secara optimal. (2) Pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat sehingga tujuan budidaya untuk bisnis akan tercapai sesuai harapan. (3) Lingkungan perairan tidak berbau amis atau aroma tak sedap lainnya. (4). Pemanfaatan air lebih efisien. Walaupun perlu tenaga listrik utk aerasi yang kontinyu. (5). Memelihara ikan sumber ekonomi di lingkungan bersih, tidak kotor/becek.

………………

Salam Semangat Bioflok dari Kami de’PAPUYU Farm dan Komunitas Bioflok Kalimantan.
www.depapuyu-farm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *