Dirjen Perikanan Budi Daya KKP : Lele Sistem Bioflok Program Prioritas Nasional.

Foto : Dirjen Budi Daya KKP Slamet Soebjakto. (Dokumentasi Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Sumber : https://m.antaranews.com/berita/813374/dirjen-budi-daya-lele-sistem-bioflok-program-prioritas-nasional

www.depapuyu-farm.com – Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto menyatakan bahwa budi daya lele sistem bioflok merupakan program prioritas nasional.

“Perlu diketahui program ini telah memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan dan pemenuhan konsumsi ikan masyarakat,” kata Slamet Sobejakto.

Ia mencontohkan, Ditjen Perikanan Budi Daya KKP melalui Balai Layanan Usaha Perikanan Budi Daya (BLUPPB) Karawang, Jawa Barat, mengalokasikan dukungan paket sarana dan prasarana produksi ikan lele dengan teknologi bioflok senilai Rp280 juta.

Dengan bantuan tersebut ternyata pada 18 Maret, Pondok Pesantren Al-Furqon Karawang berhasil melakukan panen perdana ikan lele bioflok hingga 6,5 ton.

Menurut Slamet Soebjakto, ponpes yang menjadi sasaran program tersebut juga diharapkan akan mampu secara mandiri dalam pemberdayaan ekonomi.

“Tingkat konsumsi ikan warga pesantren sangat rendah yakni sekitar 15 kg per kapita per tahun. Padahal secara nasional tahun 2018, konsumsi per kapita telah mencapai 50 kg per kapita per tahun,” jelas Slamet.

Dengan demikian, ujar dia, keberhasilan panen budi daya lele yang terdapat di Ponpes Al Furqon, diharapkan akan mampu meningkatkan minat warga pesantren untuk mengonsumsi ikan.

Sementara itu, Kepala BLUPPB Karawang, Warih Hardanu, mengatakan budidaya lele dengan sistem bioflok memiliki keunggulan produktivitas yang tinggi, lebih efisien dan ramah lingkungan.

“Bioflok di Ponpes Al Furqon ini merupakan satu di antara yang terbaik. Tingkat kelulushidupan mencapai 85 persen, sedangkan FCR (rasio konversi pakan) hanya 0,91,” ucapnya.

Menurut Warih Hardanu, berbagai jumlah tersebut dinilai sangat memuaskan karena dengan begitu nilai tambah keuntungannya juga berpotensi semakin besar.

Salam dari de’PAPUYU Farm BJB

#INOVASIBIOFLOK

4 tanggapan untuk “Dirjen Perikanan Budi Daya KKP : Lele Sistem Bioflok Program Prioritas Nasional.

  • 22 Mei 2019 pada 3:02 am
    Permalink

    Mohon maaf sebelumnya, kami memiliki kolam bioflog, cuman yg jadi permasalahannya, kami ini kesulitan mencari pemasarannya…

    Balas
    • 24 Mei 2019 pada 3:53 am
      Permalink

      Coba di Survey pangsa pasar di daerah bapak baru budidayakan ikan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi

      Balas
  • 9 Agustus 2020 pada 11:11 pm
    Permalink

    My family members always say that I am wasting my time here at net, however I know I am
    getting know-how daily by reading such fastidious articles.

    Balas
  • 13 Agustus 2020 pada 9:36 pm
    Permalink

    Hmm is anyone else having problems with the images on this blog loading?
    I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog.
    Any feed-back would be greatly appreciated.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *