Dari Manfaat Hingga Khasiat Ikan Papuyu atau betok

8 MANFAAT DAGING IKAN PAPUYU / BETOK BAGI KESEHATAN MANUSIA

Ikan betok ini merupakan salah satu ikan yang berhabitat di perairan tawar seperti di sungai- sungai, rawa, danau dll, jadi ikan ini hanya bisa dijumpai di hanya di perairan seperti itu saja.

Nama lain dari ikan papuyu / betok ini adalah ikan (bethik) yang mana ikan ini banyak dijumpai didaerah jawa, Salah satu keunikan dari ikan betok adalah kemampuannya yang istimewa adalah untuk memanjat ke daratan.

Jadi ikan papuyu / betok ini termasuk ikan yang liar, saat memancing ikan ini harus hati-hati agar jangan sampai sesudah dipancing ikan ini malah lepas lagi kembali ke air.

Jadi sebaiknya letakkan ikan papuyu / betok yang sudah dipancing tadi langsung kedalam ember yang tertutup dengan rapat.

Ikan papuyu / betok banyak dikonsumsi karena bermanfaat dibidang kesehatan untuk tubuh, selain itu daging dari ikan betok ini sangat gurih, enak sekali dan harganya juga sangat ekonomis.

Ini berhubungan dengan kandungan yang terdapat didalam daging ikan papuyu / betok antara lain adalah :

Omega 3
Protein
Zat besi
Fosfor
Itulah beberapa kandungan yang terdapat didalam daging ikan papuyu/ betok untuk dikonsumsi sebagai lauk pelengkap saat menikmati nasi.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat mengonsumsi ikan papuyu / betok bagi tubuh manusia:

  1. Meningkatkan nafsu makan
    Anak anda kurang nafsu untuk makan? Cobalah untuk mengonsumsi sirip ikan sebagai hidangan lauk pauknya karena ternyata manfaa sirip ikan hiu juga berguna sebagai penambah nafsu makan.
  2. Meningkatkan kesehatan tulang Mengonsumsi ikan tuna secara teratur, dapat mencegah penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer, hal ini dapat terjadi, karena asam lemak omega- 3 yang ada pada ikan tuna.
  3. Dapat juga untuk mencegah terjadinya peradangan dan selalu mengedarkan darah menuju ke otak.Baca Juga: Morfologi dan Klasifikasi Ikan Betok (Anabas Testudineus)
  4. Mencegah osteoporosis Selain lemak tak jenuh, terdapat pula kalsium dan vitamin yang dapat mengurangi risiko pengeroposan tulang atau biasa disebut (osteoporosis). Kalsium di dalam ikan betook juga akan memberikan perlindungan pada gigi, sehingga gigi akan tetap kuat, sehat dan tidak mudah berlubang.
  5. Menghindari kepikunan Penyakit kepikunan bisa disebakan karena faktor usia yang sudah tua, kepikunan juga dapat dihindari untuk datang lebih awal jika dibiasakan untuk mengkonsumsi lauk yang sehat.
  6. Salah satu lauk yang sehat bagi kesehatan adalah daging dari ikan betook, daging dari ikan betok ini dipercaya mampu mencegah kepikunan bagi usia tua.
  7. Sirkulasi darah menjadi lancar Peredaran darah didalam tubuh yang lancar dapat menyegarkan tubuh dan pikiran.Pelancaran peredaran darah dapat terganggu karena beberapa hal seperti komplikasi atau penyakit tertentu yang menyerang tubuh. Dan untuk beberapa alasan ikan betook mampu berguna untuk pengobatan alami untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Jadi ikan betok ini dapat kalian olah dengan cara digoreng atau digulai sesuai dengan selera Anda saja. Sehingga mengkonsumsi ikan ini menjadi kesenangan sendiri karena rasanya daging ikan betok ini yang juga lezat, enak dan juga gurih.
  8. Mengobati Luka Bakar Pada Kulit Luka bakar yang terjadi pada kulit rasanya sakit dan perih sekali, warna kulit akan berubah menjadi coklat apabila sembuh pasti akan tetap membekas. Jika anda mengalami luka bakar pada kulit anda, segeralah mengonsumsi ikan hiu, karena kerangka tulang rawan yang ada pada hiu sangat membantu sekali dalam mengobati.
  9. Penyembuhan Anemia banyak sekali masyarakat yang terkena penyakit ini, penyakit akibat kekurangan zat besi dalam darah, anemia bisa membuat pengidapnya jadi lemas dan pusing berhari- hari. Meski tidak tergolong penyakit yang serius, namun Anemia patut diobati dan dicegah karena bila dibiarkan, lama- kelamaan bisa jadi Leukimia alias kanker darah. Karena tubuh terus memproduksi sel darah putih sebagai respon atas rasa sakit, obat Anemia yang ampuh adalah makanan yang kaya akan zat besi, seperti Ikan Tongkol dan juga Hati Ayam.
  10. Membentuk otot tubuh Jika seseorang membutuhkan menu makanan untuk program dietnya, sebenarnya ikanbetok sangatlah cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Karena ikan papuyu / betok mengandung lemak yang mampu menimbulkan lambung terasa terisi penuh, alias membuat rasa kenyang yang lebih cepat dibandingkan makanan lainnya.

Bahkan dengan mengkonsumsi ikan papuyu / betok beberapa kali dalam seminggu, mampu menurunkan berat badan hingga 5 pon beratnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi ikan papuyu / betok dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 8 Manfaat Daging Ikan papuyu / betok Bagi Kesehatan Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.

www.depapuyu-farm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *