kegiatan Panen

Berhasil Budidaya Ikan Patin dengan Sistem Bioflok, SDN Paringin Selatan 1 Panen Perdana

PARINGIN – SDN Paringin Selatan 1 panen ikan patin yang dipelihara melalui budi daya ikan menggunakan sistem bioflok.

Setelah dipelihara sekitar 6 bulan lamanya, akhirnya tiba juga waktunya panen.

Menandai panen perdana ikan patin tersebut, dilakukan syukuran dengan mengundang beberapa instansi seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan.

Tidak ketinggalan juga turut hadir pihak CSR Adaro Indonesia dan kepala sekolah beserta guru SMPN 4 Paringin dan TK Negeri Pembina Kecamatan Paringin Selatan.

Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah mengolah beberapa menu masakan yang berbahan dasar ikan patin.

Salah satu menu yang banyak mendapat perhatian dari undangan yang hadir adalah pentol ikan patin.

Pentol ikan patin tersebut ada yang dijadikan pentol bakar, ada juga yang dijadikan bakso. Selain disuguhkan kepada tamu undangan yang datang.

Bakso ikan patin ini juga dibagikan kepada seluruh siswa SDN Paringin Selatan 1. Masing-masing siswa mendapat 1 porsi bakso ikan.

Hardian Saputra dari CSR Adaro kepada banjarmasinpost.co.id mengaku bangga dengan apa yang telah dilakukan oleh SDN Paringin Selatan 1.

“Saya memuji karena olahan pentol dari ikan patin baik yang dijadikan pentol bakar maupun bakso sangat enak untuk dikonsumsi, rasa amis yang biasanya dimiliki oleh ikan yang tidak bersisik ternyata tidak ditemukan pada ikan yang dipelihara dengan sistem bioflok,” ujarnya.

Selain itu juga dagingnya terasa lebih gurih. Untuk ke depannya ia mengharapkan budidaya ikan melalui sistem bioflok menjadi unit usaha dan dapat menjadi salah satu pemasok kebutuhan ikan masyarakat Kabupaten Balangan.

sumber Tribunbalangan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *