berita

Alumni Pelatihan Bioflok Binaan De’Papuyu Farm Banjarbaru Sukses Kembangkan Bioflok

www.depapuyu-farm.com – Alumni pelatihan bioflok binaan De’Papuyu Farm Banjarbaru Bapak Fahmi warga Jalan Kasturi Landasan Ulin, Banjarbaru sukses menjalankan dan mengembangkan budidaya sistem bioflok.Dalam kesempatan ini beliau memberikan tanggapan terkait budidaya sistem bioflok yang dijalankannya.Menurutnya, untuk budidaya sistem bioflok ini sebenarnya sangat bagus, walaupun tetap ada kelemahan dan kelebihannya.“Budidaya sistem bioflok ini mudah untuk dijalankan, akan tetapi SDM harus faham betul tentang berbudidaya, karena setelah dilakukan tidak semudah yang kita bayangkan, dari segi kualitas dan pengendalian air, kebutuhan pakan, treatment yang benar dalam berbudidaya sistem bioflok, menjaga kebutuhan DO dalam kolam,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam hal pengembangan kemasyarakat bisa dikembangkan lagi menjadi lebih mudah dan sangat baik untuk peluang usaha, akan tetapi yang perlu diingat apabila memulai usaha budidaya sistem bioflok ini harus diperhitungkan dengan baik dan benar, seperti budget dan cost yang nanti dikeluarkan oleh pembudidaya.

“Kalau saya pribadi menghitung untuk peluang bisnis minimal pembudidaya harus memiliki 2 kolam D3 agar benefit yang didapat sesuai harapan. Hal ini sangat bisa menjadi peluang usaha alternatif untuk masyarakat, terbukti yang sudah saya lakukan di daerah Kasturi khususnya, 30% dari masyarakat tertarik untuk berbudidaya sistem bioflok ini,” ungkapnya.

Bahkan mereka lagi mengamati dan mengawasi usaha yang saya kembangkan, apabila berhasil ini akan menjadi usaha alternatif bagi masyarakat sekitar, karena saya akan membuka crowdfunding atau kemitraan untuk masyarakat.

“Dari segi biaya memang untuk pertama membangun sistem bioflok ini cukup mahal, tapi masih layak untuk kita mendapatkan profit kedepannya,” tutupnya.

Selalu Support dari Kami de’PAPUYU Farm Banjarbaru.www.depapuyu-farm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *